Bronchitis

Secara harfiah bronkitis adalah penyakit yang ditandai oleh inflamasi bronkus . Secara klinis para ahli mengartikan bronkitis sebagai penyakit atau gangguan respiratorik dengan batuk merupakan gejala yang utama dan dominan. Bronkitis biasanya diawali dengan batuk.
Penyakit bronkitis bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna. Tetapi pada penderita yang memiliki penyakit menahun (misalnya penyakit jantung atau penyakit paru-paru), atau pada usia lanjut, bronkitis bisa bersifat serius.
Pada awalnya batuk tidak berdahak, tetapi 1-2 hari kemudian akan mengeluarkan dahak berwarna putih atau kuning.
Selanjutnya dahak akan bertambah banyak, berwarna kuning atau hijau.
Pada bronkitis berat, setelah sebagian besar gejala lainnya membaik, kadang terjadi demam tinggi selama 3-5 hari dan batuk bisa menetap selama beberapa minggu.

Bronkitis ada dua jenis, yaitu bronkitis ifeksiosa dan bronkitis iritatif. Bronkitis ifeksiosa disebabkan oleh virus, bakteri, atau organisme yang menyerupai bakteri (mycroplasma pneumoniae dan chlamydia). Serangan bronkitis berulang bisa terjadi pada para perokok, penderita penyakit paru-paru, dan saluran pernapasan menahun.

Infeksi berulang bisa sebagai akibat dari sinusitis kronis, bronkiektasis, alergi, pembesaran amandel, dan adenoid pada anak-anak.

Bronkitis iritatif bisa disebabkam oleh debu, asap, amonia, beberapa pelarut organik, klorin, hidrogen sulfida, sulfur dioksida dan bromin, polusi udara yang menyebabkan iritasi ozon, nitrogen dioksida, tembakau, serta produk-produk olahan tembakau lainnya. Gejalanya berupa batuk berdahak, sesak napas, ketika melakukan aktivitas ringan, sering flu, bengek, cepat lelah, pembengkakan pada pergelangan kaki, sakit kepala, dan gangguan pada penglihatan.


=====================================

>>> Obat Bronchitis Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Bronchitis dan Gejalanya, Menurunkan Demam, Meluruhkan Dahak, serta Mengatasi Rasa Sakit di Bagian Dada, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Bronchitis and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *